Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Trading Bitcoin untuk Pemula

Ingin memulai trading Bitcoin? Berikut penjeasan yang bisa Anda pelajari. Bitcoin didirikan pada tahun 2009. Ini adalah cryptocurrency pertama di dunia dan masih yang paling populer dan paling terkenal.

Cryptocurrency adalah mata uang digital atau virtual yang diamankan dan diperdagangkan menggunakan kriptografi – sistem algoritma atau kode matematika yang kompleks.

Bitcoin dibuat oleh orang (atau sekelompok orang) anonim yang dikenal sebagai Satoshi Nakamoto. Mereka bertujuan untuk membangun sistem kas elektronik yang sepenuhnya terdesentralisasi, beroperasi pada sistem peer-to-peer.

Cara Trading Bitcoin untuk Pemula


Bitcoin tidak dimiliki oleh otoritas pusat atau lembaga pemerintah. Itu dapat dikirim langsung dari pengguna ke pengguna tanpa perlu perantara, seperti bank.

Pengguna dapat tetap anonim melalui penggunaan kunci terenkripsi sehingga transaksi bitcoin tidak dapat dilacak kembali ke mereka. Bitcoin juga dapat ditransfer dan ditarik di mana saja di seluruh dunia

Bitcoin terkenal tidak stabil, seperti yang telah didokumentasikan dengan baik di media dalam beberapa tahun terakhir. Volatilitas yang tinggi ini berarti ada potensi untuk menghasilkan margin keuntungan yang baik.

Dengan insentif tambahan dari level entri yang rendah, trading bitcoin telah menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang. Namun, siapa pun yang trading di pasar mana pun harus menyadari bahwa selalu ada risiko yang terlibat.

Pada artikel ini, kami mengeksplorasi dasar-dasar trading bitcoin, melihat bagaimana cryptocurrency beroperasi, alasan untuk mempertimbangkan trading bitcoin dan apa yang perlu Anda ketahui sebelum memulai.

Bagaimana Bitcoin Beroperasi?

Tidak seperti uang kertas, bitcoin tidak dicetak. Sebaliknya, mereka ' ditambang ' di komputer.

Penambangan Bitcoin membutuhkan komputer bertenaga tinggi dan banyak pekerjaan yang melelahkan, sehingga penambang saat ini dihargai dengan 12,5 bitcoin untuk setiap bitcoin baru yang mereka buat.

Sekitar 1.800 bitcoin baru ditambang setiap hari dan yang paling banyak yang pernah ada adalah 21 juta, ini diputuskan oleh Satoshi Nakamoto ketika mereka menciptakan Bitcoin.

Selain menciptakan bitcoin baru, mining berfungsi untuk memverifikasi transaksi bitcoin yang telah dilakukan di masa lalu.

Penambang memeriksa bahwa blok transaksi akurat sebelum menambahkannya ke blockchain. Blockchain adalah teknologi di balik bitcoin dan merupakan serangkaian blok data yang menyediakan catatan transaksi bitcoin historis yang tidak dapat diubah.

Yang terpenting, verifikasi ini memeriksa bahwa bitcoin tidak diduplikasi. Blockchain bertindak sebagai buku besar yang dapat diunduh dan diperiksa siapa pun, tetapi tidak ada yang dapat merusak data yang telah ditambahkan ke rantai.

Untuk mendapatkan bitcoin mereka, penambang harus memverifikasi transaksi senilai 1MB dan memecahkan masalah matematika yang kompleks, juga dikenal sebagai 'bukti kerja'.

Untuk memecahkan masalah ini, mereka pada dasarnya harus menebak 64 digit angka heksadesimal, yang dikenal sebagai hash, yang sama dengan atau kurang dari target hash (heksadesimal adalah sistem yang digunakan dalam matematika dan komputasi yang mewakili angka menggunakan 16 simbol yang berbeda, bukan dari biasanya 10).

Peluang untuk mendapatkan hash yang benar adalah sekitar 1 dari 13 triliun dan penambang berlomba melawan jutaan lainnya untuk menjadi yang pertama menyelesaikan bukti kerja, jadi penambangan bitcoin sangat terspesialisasi dan kompetitif.

Alasan untuk Mempertimbangkan Trading Bitcoin

Meskipun menambang bitcoin bukanlah pilihan yang layak untuk sebagian besar, memperdagangkan bitcoin cukup mudah setelah Anda memahami prinsip-prinsip dasarnya.

Seperti disebutkan sebelumnya, volatilitas bitcoin adalah salah satu daya tarik utama bagi para pedagang. Ini berarti kita dapat melihat perubahan harga yang cepat baik ke atas maupun ke bawah, dan jika pedagang bitcoin mengantisipasi pasar dengan benar, mereka dapat memperoleh keuntungan yang signifikan. Tentu saja, mereka juga dapat membuat kerugian yang signifikan.

Manfaat lain dari bitcoin adalah Anda dapat trading sepanjang waktu. Sebagian besar pasar saham terbatas pada jam kerja negara tempat mereka beroperasi. Namun, bitcoin dapat dibeli dan dijual di bursa di seluruh dunia sehingga memungkinkan untuk trading siang dan malam. Dan karena bitcoin adalah mata uang global, bitcoin tidak terpengaruh oleh stabilitas keuangan atau situasi di negara mana pun. Bahkan, bisa naik sementara pasar lain jatuh.

Terakhir, relatif kurangnya regulasi membuat pasar menjadi mudah untuk memulai, karena Anda tidak perlu melalui proses verifikasi yang panjang.

Bagaimana Memulainya?

Hal pertama yang Anda perlukan untuk trading bitcoin adalah koneksi internet yang baik dan aman.

Langkah selanjutnya adalah membuka akun di bursa bitcoin. Ini adalah pasar digital tempat Anda dapat membeli atau menjual bitcoin.

Ada dua jenis pertukaran:

Fiat to crypto – Di sini Anda dapat membeli atau menjual bitcoin dan cryptocurrency lainnya menggunakan mata uang fiat (misalnya, mata uang tradisional yang didukung oleh pemerintah yang menerbitkannya). Jenis pertukaran ini umumnya ramah bagi pemula.

Kripto ke kripto – Ini untuk menukar satu mata uang kripto dengan mata uang lainnya dan umumnya disiapkan untuk pedagang yang lebih berpengalaman.

Untuk membuka akun dengan pertukaran bitcoin, Anda harus mendaftar dan melalui proses verifikasi untuk mengotentikasi identitas Anda. Setelah akun Anda terbuka, Anda dapat mentransfer dana untuk mulai membeli bitcoin.

Harga yang Anda bayar untuk bitcoin tergantung pada pertukaran yang Anda gunakan, tidak ada harga global tunggal.

Beberapa pertukaran bitcoin yang paling terkenal termasuk Coinbase, Kraken, Binance dan Bitstamp, tetapi karena ada banyak yang tersedia, penting untuk melakukan penelitian Anda sebelum memutuskannya.

Hal yang Harus Anda Perhatikan saat Trading Bitcoin Meliputi:

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat trading bitcoin, seperti halnya standar keamanan.  Beberapa pertukaran bitcoin telah menjadi korban pelanggaran keamanan sehingga Anda harus memeriksa apakah pertukaran yang Anda pertimbangkan termasuk di antara yang telah diretas. Cari kebijakan privasinya, enkripsi data pengguna, dan apakah itu menggunakan otentikasi dua faktor.

1. Biaya Transaksi

Beberapa bursa akan membebankan biaya untuk transaksi seperti setoran dan penarikan sementara yang lain akan menawarkannya secara gratis.

2. Kegunaan

Pastikan Anda dapat dengan mudah menavigasi dan memahami platform.

3. Ulasan

Lihat di forum seperti BitcoinTalk dan Reddit untuk mengetahui apakah orang lain memiliki pengalaman positif menggunakan pertukaran.

Setelah Anda mulai membeli bitcoin, Anda juga akan memerlukan dompet bitcoin untuk menyimpannya. Ini terdiri dari alamat publik, di mana bitcoin Anda akan dikirim, dan kunci pribadi yang digunakan untuk membuka dana Anda dan mengirim bitcoin ke orang lain.

Tidak seperti rekening bank, saat Anda menyimpan dana di dompet bitcoin, Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas keamanannya.

Ada berbagai jenis dompet bitcoin dan jenis yang Anda pilih akan bergantung pada bagaimana Anda ingin menggunakan bitcoin Anda dan tingkat keamanan yang Anda inginkan:

4. Smartphone

Ini berjalan sebagai aplikasi di ponsel Anda dan dapat digunakan untuk membayar barang secara langsung. Ini berguna jika Anda menggunakan bitcoin setiap hari tetapi rentan terhadap peretas.

5. Web

Jenis dompet ini disimpan di server online dan dikendalikan oleh pihak ketiga, seperti pertukaran mata uang kripto. Sekali lagi, ini mudah diakses dari perangkat apa pun dengan koneksi internet. Namun, mereka juga berisiko dari peretas dan ada bahaya bahwa organisasi yang mengoperasikan dompet mungkin tidak dapat dipercaya.

6. Desktop

Dompet ini diunduh dan diinstal di komputer Anda, jadi kunci pribadi Anda disimpan di hard drive Anda. Mereka lebih aman, karena tidak ada pihak ketiga yang terlibat, tetapi mereka masih terhubung ke internet sehingga rentan terhadap peretas, malware, dan virus.

7. Perangkat Keras

Menggunakan perangkat keras yang aman untuk menyimpan kunci pribadi Anda secara luas dianggap sebagai cara teraman untuk menyimpan bitcoin. Bentuk dompet perangkat keras yang paling umum adalah stik USB.

8. Dompet Kertas

 Ini melibatkan pencetakan alamat publik dan kode pribadi Anda dalam bentuk kode QR yang kemudian akan Anda pindai untuk melakukan transaksi. Meskipun tidak rentan terhadap peretas atau malware, Anda harus menjaga kertas yang berisi detail Anda dengan baik.

Risiko yang Perlu Dipertimbangkan saat Trading Bitcoin

Bitcoin telah menjadi sangat sukses selama beberapa tahun terakhir dan banyak yang bergegas memanfaatkan peluang yang dihadirkannya.

Namun, cryptocurrency masih merupakan pasar yang sangat baru dan tetap sangat berisiko. Jadi, meskipun ada potensi untuk menghasilkan uang dari trading bitcoin, Anda harus memiliki gagasan yang jelas tentang jebakan yang mungkin Anda temui sebelum memulai.

Posting Komentar untuk " Cara Trading Bitcoin untuk Pemula"