Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trading Bitcoin (Panduan untuk Pemula)

Trading Bitcoin ataupun mata duit digital saat ini jadi salah satu metode buat memperoleh keuntungan. Terlebih tahun ini harga Bitcoin memegang harga paling tinggi selama masa, tidak hanya itu Bitcoin pula hadapi ketenaran luar biasa serta ikut membuat penggunanya untung bila dapat menggunakan kesempatan. Bagaimana cara trading bitcoin yang profit untuk pemula?

Atensi dengan Bitcoin serta peninggalan kripto yang lain pula bertambah, dapat dilihat dari banyaknya bursa yang sediakan layanan jual beli kripto yang mempermudah pengguna Indonesia buat melaksanakan trading.

Apa Itu Trading Bitcoin?



Trading Bitcoin ialah salah satu metode memperoleh keuntungan dari salah satu mata duit kripto ini. Dari 2. 000- an mata duit kripto, Bitcoin memanglah yang sangat moncer dalam perihal kapitalisasi pasar serta popularitas.

Bicara soal biayanya, Bitcoin gak main- main. Tercatat, nilai bitcoin melonjak sampai 570 persen selama 2020, dari US$8. 440 di dini tahun jadi US$29 ribu di akhir tahun.

Dengan anggapan kurs rupiah Rp14. 000 per dolar AS, harga bitcoin naik jadi dekat Rp406 juta per keping dari dekat Rp118 juta.

Kesempatan untung yang besar banget ini, gak mengherankan bila buat Bitcoin dilirik banyak orang. Mata duit kripto ini juga telah diakui selaku perlengkapan transaksi yang legal di banyak negeri.

Di Tubuh Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi( Bappebti) tercatat 229 tipe mata duit kripto yang legal serta diakui. Nah, fluktuasi serta sifatnya yang unpredictable ini buat Bitcoin banyak diburu buat trading.

Konsep trading Bitcoin sederhananya merupakan menemukan keuntungan dari selisih harga jual dengan harga beli. Beli di harga yang lebih rendah serta jual di harga yang lebih besar.

Cara Membaca Pergerakan Bitcoin

Bitcoin serta mata duit kripto lain mempunyai pergerakan yang sangat dinamis. Ataupun dapat dibilang, volatilitasnya sangat besar. Sehabis harga Bitcoin tembus 64. 888, 99 dolar AS, dalam sepekan lebih biayanya dapat anjlok ke 47. 037, 37 dolar AS per keping.

Jika di pasar saham, volatilitas yang buat galau ini menjadikan Bitcoin masuk ke bearish market.

Pada prinsipnya, tidak terdapat konsensus spesial tentang fundamental ataupun korelasi makro buat mata duit kripto. Perihal ini sangat berbeda dengan pasar modal yang dapat dianalisis dari sisi fundamentalnya. Karenanya, pendekatan yang dapat dicoba dalam memandang pergerakan Bitcoin merupakan memandang siklus naik- turun harga yang terjalin.

Mengutip Coindesk, terdapat 2 perihal yang butuh dicermati dalam memastikan apakah Bitcoin bergerak bearish (turun) ataupun bullish (naik). Awal, terbentuknya penyusutan ataupun peningkatan harga lebih dari 20 persen. Kedua, bila harga tidak kembali dalam waktu 90 hari ke harga paling tinggi ataupun terendah saat sebelum pergantian terjalin.

Bila memegang 90 hari( tidak kembali ke titik tadinya) hingga telah dapat diucap trennya bearish ataupun bullish.

Tidak hanya masalah bearish- bullish ini, coindesk pula membagi volatilitas Bitcoin (sepanjang 30 hari) ke dalam 3 jenis: volatilitas rendah dengan skor kurang dari 0, 5, volatilitas tengah dengan skor 0, 5- 1, serta volatilitas besar dengan skor lebih dari 1.

Jenis-jenis Trading Bitcoin

Semacam yang pernah disinggung di atas, trading Bitcoin dibagi ke dalam 3 tipe: day trading, scalping, serta swing trading. Trading ini berbeda dengan mining ataupun menambang Bitcoin yang memerlukan fitur pc mutahir.

Berikut ini pembahasan lengkap tentang jenis trading Bitcoin:

1. Day trading

Cocok namanya, trading dicoba secara setiap hari. Seseorang trader Bitcoin hendak melaksanakan pembelian serta penjualan koin cuma dalam waktu satu hari saja, ataupun pada hari yang sama.

Dengan tata cara ini, hingga seseorang trader wajib luar biasa teliti serta cermat dengan memandang terus menerus pergerakan harga Bitcoin dari waktu ke waktu.

Bila terdapat kesempatan harga jual yang lebih besar dari harga beli, hingga trader hendak langsung menjualnya. Perlu ketelitian serta keseluruhan waktu buat dapat jadi trader tipe ini.

2. Scalping

Tata cara ini lebih ekstrem dari pada day trading. Perlu waktu sebagian menit saja untuk seseorang trader buat menjual koinnya. Asal telah untung, walaupun sedikit saja, hingga Bitcoin dapat langsung dijual. Tata cara ini cuma mengejar untung sedikit saja. Tetapi dicoba secara kesekian serta terus menerus.

3. Swing Trading

Tata cara ini sangat universal dipakai investor ataupun pengguna Bitcoin. Tidak begitu ngoyolah. Dengan swing trading, hingga trader hendak mengamati chart harga ataupun tren pasar tanpa dipantau dari detik ke detik ataupun hari ke hari.

Trader hendak memantau seperlunya, serta lebih memilah hold asetnya buat waktu yang lumayan lama. Bila harga telah menggapai keuntungan yang diharapkan, baru deh jual.

Cara Trading Bitcoin yang Menguntungkan Bagi Pemula

1. Mempunyai Bitcoin

Untuk cara trading bitcoin yang pertama, kalian wajib mempunyai Bitcoin buat dapat mengawali trading. Beli Bitcoin bisa dicoba bursa ataupun exchange peninggalan crypto.

·         Pendaftaran Exchange

Banyak exchange peninggalan kripto di Indonesia yang telah muncul apalagi semenjak tahun 2019. Kalian dapat memastikan platform exchange yang pas serta cocok buat kalian pakai.

Setelah itu jalani pendaftaran serta selesaikan proses KYC buat verifikasi akun. Ini merupakan metode awal yang butuh kalian jalani buat dapat trading crypto.

·         Deposit Fiat serta Beli Bitcoin

Buat trading jalani deposit rupiah saat sebelum kalian membeli Bitcoin. Seleksi tata cara pembayaran yang cocok. Setelah itu beli bitcoin secara praktis ataupun limit.

Sehabis mempunyai akun di bursa ataupun exchange yang telah kalian seleksi serta memilah koin yang sesuai buat kalian, langkah berikutnya buat memperoleh profit merupakan trading Bitcoin. Berikut langkah- langkahnya.

2. Manajemen Risiko

Selain membeli bitcoin, cara trading bitcoin kedua yaitu memahami manajemen resiko. Kala telah menyimpan modal di bursa, hingga buatlah manajemen resiko serta strategi trading. Semacam berapa modal yang hendak digunakan, tentukan jangka waktu trading apakah dalam hitungan menit, jam, ataupun apalagi jangka panjang alias jadi hodler saja.

Tentukan berapa angka kerugian yang dapat ditanggung serta berapa keuntungan yang bisa jadi didapatkan supaya tidak serakah.

Bila telah membuat manajemen resiko, hingga kalian dapat memastikan harga jual serta beli.

3. Memastikan Harga Jual serta Beli

Cara trading Bitcoin termudah selanjutnya adalah memastikan harga jual dan belinya. Buat memperoleh profit perihal yang dapat dicoba merupakan memastikan harga jual serta beli Bitcoin. Buat menjual Bitcoin hingga pakai prinsip jual mahal serta beli murah. Prinsip yang banyak digunakan merupakan beli diharga murah serta jual di harga yang mahal.

4. Mengendalikan Limit Jual serta Beli di Bursa

Cara trading bitcoin yang keempat yakni mengendalikan limit jual dan beli. Supaya kalian tidak melupakan peluang buat beli serta jual di harga yang cocok, dapat memakai fitur yang disediakan oleh bursa semacam Spot Market. Coinvestor dapat mengendalikan harga jual serta beli yang Coinvestor mau di bursa kesayangan Coinvestor

5. Arbitrage Trading

Cara trading bitcoin yang selanjutnya yaitu arbitrade. Buat memperoleh profit yang optimal, kalian dapat melaksanakan arbitrage trading. Metode kerja arbitrage trading merupakan dengan melaksanakan pembelian serta penjualan di bursa yang berbeda. Contohnya merupakan kalian membeli Bitcoin di Bursa A dengan harga Rp, 53, 000, 000,- dan menjual di Bursa B dengan harga Rp, 60, 000, 000,- maka kalian memperoleh untung sebesar Rp, 7, 000, 000,- dengan melaksanakan arbitrage trading.

6. HODL

Cara trading bitcoin yang menguntungkan yaitu dengan HOLD. Metode termudah dalam memperoleh buat profit merupakan HODL, kalian dapat melaksanakan pembelian Bitcoin serta simpan terus hingga jadi whale ataupun sampai biayanya menggapai nilai yang paling tinggi baru kalian jual buat memperoleh profit yang lebih banyak.

Trading Bitcoin merupakan salah satu metode menggunakan khasiat aset kripto, aktivitas ini lumayan berisiko besar bila dicoba sembarangan. Sebab itu saat sebelum trading berarti buat melaksanakan studi, manajemen resiko, serta melaksanakan metode trading yang pas.

Posting Komentar untuk "Trading Bitcoin (Panduan untuk Pemula)"