Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trading Emas: Keuntungan dan Cara Melakukannya

Trading emas online merupakan proses jual- beli emas secara online tanpa terdapat perpindahan raga emas, melainkan penyelesaian transaksi secara tunai. Tetapi dalam sebagian permasalahan, penyelesaian transaksi dengan penyerahan emas raga pada pembeli dapat terjalin, cocok dengan syarat dalam kontrak peninggalan emas yang diperjualbelikan.

Sebagian opsi produk trading emas online tercantum kontrak spot (contoh: GOLDUD) serta kontrak berjangka emas. Apa perbandingan keduanya? Hendak kita bahas pula pada postingan ini.

Memahami Kontrak Emas GOLDGR

Trading Emas


Bila sepanjang ini trading emas online lewat produk berjangka (futures) biasanya ada dalam satuan mata duit US Dollar serta satuan bobot emas troy ons, saat ini Kamu bisa trading emas dengan satuan Rupiah serta gr!

Pasti konversi kurs serta bobot emas bukan lagi jadi penghambat, kan? Selaku salah satu alterasi produk emas GOFX, kontrak berjangka GOLDGR muncul buat membiasakan kebutuhan warga Indonesia hendak instrumen keuangan dengan kesempatan dinamis serta transaksi dalam denominasi Rupiah per gr.

GOLDGR ialah tipe Kontrak Berjangka Emas dengan satuan gr yang cocok dengan kebutuhan warga Indonesia yang terbiasa bertransaksi dengan satuan gr serta bukan troy ons.

Membiasakan dengan kebutuhan investor emas Indonesia, hingga Kontrak Berjangka Emas GOLDGR ini ditransaksikan dalam denominasi Rupiah per gr. Denominasi tersebut diharapkan bisa mempermudah investor emas Indonesia dalam bertransaksi emas berjangka.

Apa Saja Keuntungan Trading Emas Berjangka?

1. Diversifikasi Portofolio

Kontrak emas berjangka, yang terkategori selaku produk derivatif( turunan), bisa jadi fasilitas diversifikasi portofolio investasi. Tidak hanya ciri bawah emas yang cenderung normal terhadap krisis, kontrak berjangka emas bisa membagikan kesempatan keuntungan dari pasar yang berbeda dengan aset- aset emas yang lain.

2. Kesempatan Keuntungan Baru

Kontrak emas berjangka membolehkan investor buat mengelola keuntungan secara aktif sekalian mencari fasilitas lindung nilai. Dengan strategi yang matang, investor bisa mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga emas di pasar.

3. Keamanan

Kontrak emas berjangka GOFX ditransaksikan langsung di dalam bursa ICDX yang diawasi oleh Tubuh Pengawas Trading Berjangka Komoditi (Bappebti), di dasar Departemen Trading. Segala transaksi pula dituntaskan oleh lembaga kliring Indonesia Clearing House (ICH) yang terintegrasi dengan ICDX. Segala produk GOFX, tercantum kontrak GOLDGR, cuma ada oleh pialang- pialang (broker) anggota ICDX yang sudah terdaftar di Bappebti.

4. Fleksibilitas

Bila cuma mau mendapatkan keuntungan, investor juga tidak butuh memusingkan soal penyimpanan emas raga, karena penyelesaian transaksi bisa dicoba secara tunai tanpa butuh serah terima raga terlebih dulu.

Mengapa Pasar Emas Penting Bagi Para Trader?

Emas adalah logam mulia paling populer di dunia dan menempati peran penting dalam perekonomian dunia. Logam kuning selalu sangat dihargai di seluruh pasar dan budaya global, berfungsi sebagai perwakilan kekayaan dan kemakmuran.

Dihargai jauh melampaui penggunaan industrinya, emas adalah salah satu komoditas logam yang paling banyak diperdagangkan. Emas langka dan sulit ditemukan. Ekstraksinya dari tambang emas adalah usaha yang sangat memakan waktu dan mahal.

Menurut perkiraan terbaru, total pasokan emas global adalah 170.000 ton. Sejak tahun 1970-an, volume produksi emas tahunan meningkat tiga kali lipat setiap tahun, dan jumlah yang dibeli meningkat empat kali lipat.

Jam Trading Pasar Emas

CME Globex menyediakan trading elektronik selama 24 jam/6 hari seminggu:

Minggu sampai Jumat, 17.00 – 16.00 dengan istirahat 60 menit setiap hari.

Jika Anda memilih untuk memperdagangkan CFD, Anda dapat mengikuti harga emas secara langsung dalam dolar AS dengan grafik harga emas komprehensif dari Capital.com:

Senin sampai Kamis, 00:00 – 21:00 dan 22.05 – 00.00

Jumat, 00.00 – 21.00

Minggu, 22.05 – 00.00

Mengapa Bertrading Emas?

Ada beberapa alasan utama untuk memperdagangkan Emas , namun yang paling umum adalah sebagai berikut:

·         Lindung nilai terhadap inflasi

·         Tidak seperti mata uang fiat, emas secara tradisional mempertahankan daya belinya selama periode peningkatan inflasi.

·         Lindung nilai terhadap ketidakstabilan internasional

·         Selama masa bergejolak dalam ekonomi dunia, emas berkinerja baik dengan mengorbankan aset lain - secara historis dipandang sebagai tempat yang aman.

·         Berspekulasi tentang harga emas

·         Emas selalu dianggap sebagai instrumen trading yang menarik karena volatilitas historisnya.

Diversifikasi portofolio

Emas dapat menjadi populer di kalangan investor yang ingin menyeimbangkan investasi mereka dalam portofolio yang terdiversifikasi.

Trading emas memerlukan beberapa pertimbangan, karena volatilitas pasar yang tinggi dan berbagai pilihan instrumen yang tersedia, mulai dari derivatif emas , seperti futures dan CFD, hingga saham perusahaan pertambangan emas.

Trading emas bisa sangat fluktuatif sehingga menghasilkan tingkat risiko yang tinggi. Peluang mendapatkan keuntungan besar berjalan seiring dengan risiko kerugian besar.

Bagaimana Cara Memperdagangkan CFD Emas?

Salah satu cara termudah dan paling populer untuk bertrading emas adalah dengan CFD.

Kontrak untuk perbedaan (CFD) adalah jenis kontrak antara trader dan pialang untuk mencoba dan mendapat untung dari selisih harga antara pembukaan dan penutupan trading.

Berinvestasi dalam CFD emas menghemat ketidaknyamanan membayar penyimpanan emas. Selain itu, CFD memberi Anda kesempatan untuk memperdagangkan emas di kedua arah. Tidak peduli apakah Anda memiliki pandangan positif atau negatif tentang ramalan dan prediksi harga emas , Anda dapat mencoba untuk mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga masa depan yang naik atau turun.

Perdagangkan CFD Spot Emas

Selain itu, trading emas melalui CFD sering kali bebas komisi, dengan pialang mendapat untung kecil dari spread - dan trader mencoba mengambil untung dari keseluruhan perubahan harga.

Selain itu, margin 5% yang ditawarkan oleh Capital.com berarti Anda hanya perlu menyetor 5% dari nilai trading yang ingin Anda buka, dan sisanya ditanggung oleh penyedia CFD Anda. Misalnya, jika Anda ingin melakukan trading CFD emas senilai $1.000 dan broker Anda membutuhkan margin 5%, Anda hanya perlu $50 sebagai modal awal untuk membuka trading.

Anda dapat memperdagangkan CFD emas di sini, sekarang juga. Cukup daftar di Capital.com dan gunakan platform web canggih kami atau unduh aplikasi investasi terbaik di kelasnya untuk bertrading saat bepergian. Anda hanya perlu 3 menit untuk memulai dan mengakses pasar yang paling banyak diperdagangkan di dunia.

5 saham pasar emas teratas berdasarkan kapitalisasi

Memperoleh saham perusahaan pertambangan dan eksplorasi adalah cara lain yang populer, meskipun tidak langsung, dalam trading emas. Di saat emas sedang naik, investor saham emas bisa untung. Daftar beberapa pemain kunci di pasar emas meliputi bisnis berikut:

Barrick

Berkantor pusat di Toronto, Kanada, Barrick adalah perusahaan pertambangan emas terbesar di dunia. Awalnya itu khusus dalam ekstraksi minyak dan gas. Saham perusahaan tercatat di Toronto (TSX) dan New York Stock Exchange (NYSE).

Pertambangan Newmont

Berbasis di Colorado, AS, Newmont adalah satu-satunya perusahaan emas yang termasuk dalam Standard & Poor's 500 Index (S&P 500). Saham perusahaan tercatat di New York Stock Exchange (NYSE).

Emas Polius

Berkantor pusat di Moskow, perusahaan ini adalah penambang emas terbesar di Rusia. Saham Polyus tercatat di London (LSE) dan Moscow Stock Exchange (MCX).

AngloGold Ashanti

Berbasis di Johannesburg, perusahaan ini adalah penjelajah dan penambang emas internasional. Ini mengoperasikan 17 tambang di 9 negara. Saham perusahaan tercatat di Johannesburg (BEJ), Australia (ASX) dan New York Stock Exchange (NYSE).

Penambangan Newcrest

Perusahaan pertambangan emas terkemuka di Australia, Newcrest awalnya adalah anak perusahaan dari Newmont Mining. Saham perusahaan tercatat di Australian Securities Exchange (ASX)

Dianggap sebagai salah satu mata uang tertua di dunia, emas selalu cukup fluktuatif. Namun, ada periode tidak aktif, dengan pergerakan harga emas yang relatif kecil hingga tahun 1970-an.

Pada tahun 1971, setelah standar emas untuk dolar AS dihapus, tren naik yang panjang dimulai. Harga emas mencapai rekor tertinggi $2,076 per ounce pada Februari 1980. Sejak saat itu, emas telah jatuh dan naik - dan tren semacam ini membuatnya populer baik di kalangan trader maupun investor.

Harga Emas Vs Platinum: Apakah Platinum Lebih Berharga Daripada Emas?

Secara historis, platinum cenderung memiliki peringkat lebih tinggi dari emas dan umumnya dihargai sebagai logam mulia yang lebih berharga. Ada beberapa alasan mengapa platinum mendapatkan reputasi ini:

Itu langka. Ada jauh lebih sedikit platinum daripada emas di bumi

Lebih sulit untuk diekstraksi (hanya beberapa ratus ton per tahun)

Namun, platinum memiliki area aplikasi yang jauh lebih luas, digunakan untuk banyak tujuan industri yang berbeda. Ini berarti bahwa harganya lebih berfluktuasi seperti harga logam industri, daripada logam mulia. Itu sebabnya harga platinum cenderung berkorelasi lebih erat dengan kinerja ekonomi global.

Posting Komentar untuk " Trading Emas: Keuntungan dan Cara Melakukannya"