Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Langkah Mudah Cara Membeli Bitcoin

Cara membeli bitcoin - Anda dapat membeli bitcoin melalui bursa dan pialang saham, atau dari pemilik lain. Di mana pun Anda mendapatkannya, pertimbangkan risiko berinvestasi dalam aset digital.

Membeli bitcoin seringkali merupakan langkah pertama yang dilakukan investor ke dunia cryptocurrency. Dan itu bisa menjadi pemandangan yang asing bagi seseorang yang terbiasa dengan produk keuangan tradisional.

Nilai bitcoin cryptocurrency pertama dan terpopuler di dunia telah meningkat dari $3.237 pada Desember 2018 untuk secara singkat mencapai rekor tertinggi baru di atas $65.000 pada November 2021 (lihat harga di bawah). Seperti semua cryptocurrency, bitcoin bersifat spekulatif dan tunduk pada lebih banyak volatilitas daripada banyak investasi yang terbukti benar, seperti saham, obligasi, dan reksa dana.

Satu aturan umum adalah menginvestasikan tidak lebih dari 10% dari portofolio Anda di saham individu atau aset berisiko seperti bitcoin. Jika Anda baru dalam berinvestasi, cari tahu lebih lanjut tentang cara menginvestasikan uang. Jika Anda memutuskan untuk membeli bitcoin, ada juga beberapa keputusan teknis dan logistik yang harus Anda buat.

Cara Membeli Bitcoin dalam 4 Langkah Mudah



Bagaimana cara membeli Bitcoin? Berikut penjelasnnya yang dapat langsung Anda terapkan.

1. Putuskan Di Mana untuk Membeli Bitcoin

Ada beberapa cara berbeda untuk cara  membeli bitcoin dan cryptocurrency lainnya, termasuk pertukaran dan broker tradisional.

-          Pertukaran mata uang kripto

Cara membeli bitcoin pertama, Anda dapat membeli bitcoin dari beberapa pertukaran mata uang kripto. Banyak yang menawarkan lusinan pilihan cryptocurrency, sementara yang lain hanya memiliki bitcoin dan beberapa alternatif. Mereka membawa berbagai biaya dan perlindungan konsumen yang berbeda, jadi lakukan ketekunan Anda sebelum memilih.

-          Pialang saham tradisional

Pilihan di antara broker tradisional yang memberi pelanggan cara untuk membeli dan menjual bitcoin sedikit sekarang Robinhood adalah broker investasi utama pertama yang menawarkan bitcoin (Robinhood Crypto tersedia di sebagian besar, tetapi tidak semua, negara bagian AS). Seperti platform perdagangan sahamnya, Robinhood tidak mengenakan biaya untuk perdagangan bitcoin.

Dari broker online dan pertukaran mata uang kripto yang diulas NerdWallet, berikut ini cara membeli Bitcoin yang saat ini menawarkan bitcoin.

Apa yang harus diketahui sebelum Anda membeli?

-          Memiliki informasi yang mungkin Anda butuhkan berguna

Menyiapkan akun cryptocurrency membutuhkan waktu beberapa menit, tetapi Anda harus memberikan beberapa informasi, termasuk nomor Jaminan Sosial dan nomor rekening bank, kartu debit, atau kartu kredit Anda untuk mendanai akun bitcoin Anda. Beberapa penyedia juga mungkin mengharuskan Anda untuk memiliki ID gambar. Rekam dan lindungi kata sandi baru untuk akun kripto atau dompet digital Anda.

-          Jangan gunakan kartu kredit

Meskipun beberapa penyedia mengizinkan Anda untuk membeli bitcoin dengan kartu kredit, melakukan investasi dengan meminjam dari produk berbunga tinggi seperti kartu kredit bukanlah ide yang baik.

-          Memahami perlindungan investor

Atau dalam kasus ini, kekurangannya: Bitcoin dan investasi cryptocurrency lainnya tidak diasuransikan oleh Securities Investor Protection Corporation untuk kegagalan atau pencurian pertukaran, perlindungan yang dinikmati oleh akun pialang saham tradisional hingga $500.000. Beberapa pertukaran seperti Coinbase menyediakan asuransi pribadi, tetapi itu tidak melindungi dari pelanggaran online individu seperti seseorang mencuri kata sandi Anda.

Gunakan koneksi internet pribadi yang aman. Hal ini penting setiap kali Anda melakukan transaksi keuangan secara online. Membeli bitcoin saat berada di kedai kopi, di kamar hotel Anda atau menggunakan koneksi internet publik lainnya tidak disarankan.

2. Putuskan Bagaimana Cara Menyimpan Bitcoin

Setelah Anda mengetahui cara membeli Bitcoin, Bitcoin dapat disimpan dalam dua jenis dompet digital: hot wallet atau cold wallet. Dengan hot wallet, transaksi umumnya lebih cepat, sementara cold wallet sering kali menyertakan langkah-langkah keamanan ekstra yang membantu menjaga aset Anda tetap aman tetapi juga membuat transaksi memakan waktu lebih lama.

-          Hot Wallet

Dengan hot wallet, bitcoin disimpan oleh bursa atau penyedia tepercaya di cloud dan diakses melalui aplikasi atau browser komputer di internet. Pertukaran perdagangan apa pun yang Anda ikuti akan menawarkan hot wallet bitcoin gratis tempat pembelian Anda akan disimpan secara otomatis. Tetapi banyak pengguna lebih suka mentransfer dan menyimpan bitcoin mereka dengan penyedia hot wallet pihak ketiga, juga biasanya gratis untuk diunduh dan digunakan.

Mengapa memilih dompet dari penyedia selain pertukaran? Sementara para pendukung mengatakan teknologi blockchain di balik bitcoin bahkan lebih aman daripada transfer uang elektronik tradisional, hot wallet bitcoin adalah target yang menarik bagi peretas. Seperti yang diperingatkan Bitcoin.org : “Banyak bursa dan dompet online mengalami pelanggaran keamanan di masa lalu dan layanan semacam itu umumnya masih tidak memberikan asuransi dan keamanan yang cukup untuk digunakan menyimpan uang seperti bank.”

Ada banyak penyedia hot wallet, menawarkan berbagai jenis dompet. Berikut adalah beberapa:

-          Coinbase: Juga pertukaran mata uang bitcoin yang populer, Coinbase menawarkan hot wallet online gratis dan menjamin kerugian karena pelanggaran keamanan atau peretasan, pencurian karyawan, atau transfer penipuan.

-          Electrum: Perangkat lunak yang memungkinkan bitcoin Anda disimpan di laptop atau komputer desktop Anda.

-          Blockchain: Seperti Coinbase, Blockchain adalah hot wallet online; tidak seperti Coinbase, Blockchain bukanlah pertukaran mata uang dan dianggap sebagai target yang kurang menarik bagi peretas.

-          Mycelium: Dompet bitcoin khusus seluler, dengan versi yang tersedia untuk pengguna Android atau iPhone.

Meskipun beberapa penyedia hot wallet menawarkan asuransi untuk serangan peretasan skala besar, asuransi itu mungkin tidak mencakup kasus akses tidak sah satu kali ke akun Anda.

-          Cold Wallet

Cold wallet adalah perangkat portabel kecil terenkripsi yang memungkinkan Anda mengunduh dan membawa bitcoin Anda. Cold wallet dapat berharga hingga $ 100 tetapi dianggap jauh lebih aman daripada hot wallet.

-          Penyedia cold wallet meliputi:

-          Trezor: Perusahaan ini menawarkan cold wallet kecil berukuran kunci mulai dari sekitar $60 hingga $220.

-          Ledger Nano: Dirancang seperti thumb drive, Ledger Nano memiliki cold wallet mulai dari sekitar $60 hingga $120.

Saat membuat akun untuk dompet digital dan pertukaran mata uang Anda, gunakan kata sandi yang kuat dan otentikasi dua faktor.

3. Lakukan Pembelian Anda

Setelah menautkan dompet bitcoin Anda ke pertukaran bitcoin pilihan Anda, langkah terakhir adalah yang termudah memutuskan berapa banyak bitcoin yang ingin Anda beli. Sementara satu bitcoin berharga puluhan ribu dolar, cryptocurrency (simbol perdagangan BTC atau XBT) dapat dibeli dan dijual untuk pecahan saham, sehingga investasi awal Anda bisa serendah, katakanlah, $25.

4. Kelola Investasi Anda

Jika Anda menyukai ide trading, salah satu pilihannya adalah membeli bitcoin sekarang dan kemudian menjualnya jika dan ketika nilainya bergerak lebih tinggi. Tetapi jika Anda melihat masa depan bitcoin sebagai mata uang digital, mungkin rencana investasi Anda adalah membeli dan menahan untuk jangka panjang. Apa pun rencana Anda, ketahuilah bahwa memiliki bitcoin menciptakan situasi pajak yang rumit. Inilah cara membeli Bitcoin dengan mudah yang bisa Anda lakukan.

Posting Komentar untuk "4 Langkah Mudah Cara Membeli Bitcoin"