Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DNA Pro Adalah... Ini Seluk Beluk Kasus yang Bikin Sederet Artis Diperiksa

DNA Pro Adalah... Ini Seluk Beluk Kasus yang Bikin Sederet Artis Diperiksa

DNA Pro adalah sistem robot trading yang ramai dibicarakan penduduk. Sejumlah selebriti Tanah Air dipanggil pihak kepolisian atas keterlibatan bersama dengan masalah DNA Pro. 


Sebenarnya, apa itu DNA Pro? Sebenarnya, apa itu DNA Pro? Bagaimana cara kerjanya? Simak klarifikasi selengkapnya berikut ini. 

DNA Pro Adalah Sistem Investasi Robot Trading 

DNA Pro adalah sistem aplikasi yang mengenakan platform kerja robot trading. Robot trading milik DNA Pro merupakan product berasal dari PT DNA Pro Akademi. 

Mengutip berasal dari laman Linkedin, PT DNA Pro Akademi adalah corporate partikelir yang bergerak pada bagian jasa education center di bidang digital dunia investment. Kantor PT DNA Pro Akademi yang berlokasi di Jakarta Barat. 

DNA Pro digunakan untuk para penggunanya untuk meningkatkan penghasilan. DNA Pro diketahui tidak tercatat di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komiditi (Bappebti) supaya dinyatakan sebagai sistem ilegal. 

412 Korban DNA Pro Lapor ke Polisi 

Masalah DNA Pro berlanjut sampai pihak kepolisian. Sejumlah 412 korban DNA Pro melaporkan penipuan itu ke Bareskrim Polri. 

"Kita berasal dari Fraternity Law Firm mewakili para korban robot trading DNA pro mengajukan laporan polisi. Menjadi keseluruhan korban yang kita wakili sebanyak 412 orang bersama keseluruhan kerugian yaitu Rp 31 miliar," ucap kuasa hukum korban, Charlew Situmorang, di gedung Bareskrim Polri, Kamis (14/4/2022). 

Korban DNA Pro diketahui berasal berasal dari bermacam wilayah di Indonesia. Mereka dijanjikan laba sebesar 20 % per bulan. 

"Adapun korban ini berasal berasal dari hampir semua wilayah Indonesia, Ambon, dan apalagi juga di Papua dan Jawa Timur, apalagi berasal dari Bali. Nah, sebagaimana yang disampaikan oleh kepolisian bahwa para pelaku ini terlapor ini upaya mereka mengiming-imingi laba yang passive income ya per hari 1 %, per bulan 20 %," lanjutnya. 

Penetapan Tersangka DNA Pro oleh Polisi 

Sampai selagi ini, Polri udah menetapkan 12 tersangka tentang masalah robot trading DNA Pro. Keenam tersangka DNA Pro yang telah ditangkap adalah Robby Setiadi, Yosua, Russel, Stefanus Richard, Jerry Gunandar, dan Frankie. 

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli juga mengatakan sebanyak 6 tersangka masalah DNA Pro lainnya melarikan diri ke luar negeri. Pihaknya masih lakukan pendalaman lebih lanjut. 

"Kabar paling akhir, penyidik tengah koordinasi bersama dengan Divisi Hubinter. Terkecuali dibilang bersama Hubinter, signifikan telah jelas kan. Arahnya yang bersangkutan dugaannya tersedia yang udah ke luar negeri. Tetapi masih didalami," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli kepada wartawan, Selasa (12/4/2022). 

Para DPO persoalan DNA Pro diduga melarikan diri ke Turki. Korban DNA Pro pun mendatangi Kedutaan Besar (Kedubes) Turki di Jakarta untuk meminta pertolongan. Mereka dambakan menyampaikan surat formal kepada Presiden Erdogan. 

"Kita mendatangi Kedutaan Besar Turki di Jakarta guna menyampaikan surat secara formal tertuju kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan, berkenaan keinginan para korban DNA Pro," kata Kuasa hukum korban DNA Pro, Zaenul Arifin sementara dihubungi, Kamis (14/4/2022). 

Sesudah itu, Dirtipiddeksus Bareskrim Brigjen Whisnu Hermawan menyebutkan tersedia tiga tersangka DPO DNA Pro yang dipastikan kabur ke Turki. Pihak kepolisian sudah mengajukan red notice untuk memburu ketiga tersangka. 

"Iya 3 orang. Udah dimintakan red notice," kata Whisnu pas dikonfirmasi, yang dikutip detikcom, Selasa (18/4/2022). 

DNA Pro adalah sistem investasi bersama dengan wahana robot trading. Mengenai bersama dengan masalah DNA Pro, kini manager yang juga jadi tersangka sudah ditangkap dan ditahan oleh polisi. Berita lebih lengkap tersedia di halaman kelanjutannya. 

Manager DNA Pro Ditangkap Polisi 

Satu tersangka persoalan DNA Pro telah ditangkap polisi. Kini, keseluruhan 7 tersangka sudah ditahan oleh pihak kepolisian. Ia adalah Hans Andre Supit, Branch Manajer berasal dari team DNA Pro bernama 'Central'. 

"Iya, keseluruhan tujuh tersangka (Udah diamankan). Satu tersangka tambahan atas julukan Hans Andre Supit," ucap Kasubdit I Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Spesifik Bareskrim Polri Kombes Yuldi Yusman kala dikonfirmasi, Selasa (19/4/2022). 

Yuldi mengatakan terkecuali penangkapan dilaksanakan semenjak 9 April lalu. Sebelum ditahan, Hans sempat mencukupi inspeksi. 

"Sesudah dilaksanakan inspeksi pada yang bersangkutan, dilaksanakan penahanan," kata Yuldi. 

Kala ini, Hans udah ditahan di Rutan Bareskrim Polri. Dia ditahan selama 20 hari ke depan. 

Daftar Seniman Tanah Air Tentang Persoalan DNA Pro 

Masalah DNA Pro ini menyeret lebih dari satu seniman Tanah Air. Berikut sebutan-julukan seniman Indonesia yang dipanggil polisi untuk meniti inspeksi. 
  • Rossa 
  • Ivan Gunawan 
  • Yosi Proyek Pop 
  • Virzha 
  • Marcello Tahitoe (Ello) 
  • Rizky Billar 
  • Lesti Kejora 
  • Billy Syahputra 
  • DJ Una 

Posting Komentar untuk "DNA Pro Adalah... Ini Seluk Beluk Kasus yang Bikin Sederet Artis Diperiksa"