Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Hingga Kejeblos Investasi Bodong, Kenali Pernah Karakteristik-Cirinya

Jangan Hingga Kejeblos Investasi Bodong, Kenali Pernah Karakteristik-Cirinya

Ilmu dan pemahaman keuangan penduduk di Indonesia masih terbilang rendah. Terhitung di sisi investasi. Segudang orang yang masih belum paham konsep trading sampai memicu rugi sampai miliaran rupiah. 

Berasal dari survei literasi dan inklusi keuangan OJK pada 2019, inklusi keuangan Indonesia mencapai 76%. Hal ini berbanding terbalik bersama dengan literasinya yang sekedar 38%. 

Gara-gara itu sebelum berinvestasi, rakyat mesti tahu dan mengenali karakteristik-karakteristik investasi borong. Agar tak terjebak dan tidak menderita kerugian. 

Deputi Direktur Literasi dan Info Ojk, Yulianta, mengungkapkan terkait pentingnya investasi dan menabung untuk mencapai tujuan hidup yang diinginkan. 

Investasi dilaksanakan untuk menghadapi keadaan ekonomi yang bergerak bergerak maju. Tetapi, suasana finansial mesti dikelola bersama dengan efektif dan efisien, layaknya sadar keadaan keuangan, mempertimbangkan keperluan dan keinginan, bijak di dalam berhutang. 

"Lantas menyisihkan pendapatan untuk investasi atau tabungan, dan memastikan layanan atau sistem keuangan yang diikuti udah terdaftar di OJK atau regulator lainnya," tahu dia di dalam siaran pers, Selasa (29/3/2022). 

Semenjak tahun 2018, Satgas Waspada Investasi OJK sudah menutup 1.014 investasi ilegal, 3.784 pinjaman online ilegal, dan 165 entitas gadai ilegal yang udah membuat keseluruhan kerugian penduduk sampai Rp 117,4 triliun. 

Ini membuktikan betapa pentingnya bagi rakyat untuk tahu karakteristik-karakteristik investasi bodong/ilegal yang bersama dengan gampang memberi tambahan klaim tanpa risiko, memanfaatkan tokoh penduduk atau influencer untuk menarik minat, menjanjikan laba tidak wajar didalam kala yang cepat, miliki legalitas tidak mengetahui, dan menjanjikan insentif terkecuali merekrut orang lain. 

Yulianta memberi tambahan, tips berinvestasi yang sahih yaitu bersama mengenali profil risiko pribadi, berinvestasi tidak berasal dari hasil utang, monitor investasi secara reguler, terus berinvestasi. "Namun berorientasi pada investasi jangka panjang, dan yang terpenting perhatikan faktor sah dan logikanya," jelasnya. 

Bibit.Id merupakan suatu sistem investasi reksa dana yang benar-benar cocok untuk para investor pemula atau publik yang dambakan memulai berinvestasi. 

Dilengkapi bersama fitur Robo Advisor, suatu teknologi yang sanggup menganalisa toleransi pengguna pada risiko investasi yang disesuaikan, untuk menolong menghasilkan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang efektif di dalam mencapai tujuan investasi yang telah ditetapkan sebelumnya. 

"Aplikasi bibit.id telah terintegrasi bersama pemain-pemain lain di ekosistem digital, layaknya bank dan fintech yang bisa memudahkan pengguna untuk berinvestasi. Tak hanya itu, Bibit.Id juga menawarkan fitur auto debet bagi pengguna untuk membantu konsistensi, fitur nabung bareng, product reksadana syariah, dan sediakan layanan pembelian obligasi negara lewat sistem Bibit.Id," sadar Lead PR & Communication Bibit.Id William. 

Pentingnya menaikkan literasi keuangan pun diungkapkan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Usaha Universitas Indonesia Teguh Dartanto. Menurut dia literasi keuangan itu vital gara-gara tiap tiap bulan penduduk memiliki pendapatan, tapi belum pasti menjamin era depan yang sejahtera. "Supaya, penyuluhan edukasi keuangan dan investasi terutama kepada generasi muda sangatlah signifikan untuk menunjang jaman depan perekonomian penduduk," paham dia. 

Tidak cuman itu, style investasi waktu ini sangatlah berbagai. Misalnya, tersedia saham, emas, mutual funds, deposito, tanah, dan seterusnya. Tetapi, kini juga tersedia layanan Bibit.Id yang mampu dimanfaatkan oleh generasi muda untuk berinvestasi bersama dengan modal yang kecil dan cara yang enteng. 

Posting Komentar untuk "Jangan Hingga Kejeblos Investasi Bodong, Kenali Pernah Karakteristik-Cirinya "